Kamis, 10 Januari 2013

Keadaan Geografi Malaysia

Malaysia adalah negara terbesar ke-67 dengan total luas lahan, dengan luas daratan 329.847 kilometer persegi (127.355 sq mi). Ini memiliki perbatasan darat dengan Thailand di Malaysia Barat, dan Indonesia dan Brunei di Malaysia Timur. Hal ini terkait dengan Singapura dengan jalan lintas yang sempit, dan juga memiliki batas maritim dengan Vietnam [90] dan Filipina tanah. The perbatasan didefinisikan sebagian besar oleh fitur geologi seperti Sungai Perlis, Sungai Golok dan Canal Pagalayan, sementara beberapa batas maritim merupakan subyek perdebatan yang sedang berlangsung. Brunei bentuk apa hampir enklave di Malaysia, dengan keadaan Sarawak membaginya menjadi dua bagian. Malaysia adalah satu-satunya negara dengan wilayah di kedua daratan Asia dan kepulauan Melayu. Tanjung Piai, terletak di bagian selatan negara bagian Johor, adalah ujung selatan benua Asia Selat Malaka,. Berbaring antara Sumatera dan Semenanjung Malaysia, merupakan salah satu jalan yang paling penting dalam perdagangan global, membawa 40 persen dari perdagangan dunia.

Dua bagian dari Malaysia, terpisah satu sama lain oleh Laut Cina Selatan, berbagi pemandangan sangat mirip dalam bahwa baik di semenanjung dan dataran Timur fitur Malaysia pesisir naik ke bukit dan pegunungan. Semenanjung Malaysia, yang mengandung 40 persen lahan Malaysia Daerah, meluas 740 kilometer (460 mil) dari utara ke selatan, dan lebar maksimum adalah 322 kilometer (200 mil). Hal ini dibagi antara pantai sebelah timur dan barat oleh Pegunungan Titiwangsa, bagian dari serangkaian pegunungan mengalir di tengah-tengah semenanjung. Gunung-gunung ini memiliki banyak hutan, dan terutama terdiri dari granit dan batuan beku lainnya. Sebagian besar telah terkikis, menciptakan pemandangan karst. Rentang adalah asal dari beberapa sistem sungai Semenanjung Malaysia. Dataran pesisir sekitarnya semenanjung mencapai lebar maksimum 50 kilometer (31 mil), dan pantai semenanjung hampir 1.931 kilometer (1.200 mil) panjang, meskipun pelabuhan hanya tersedia di sisi barat.

Malaysia Timur, di pulau Kalimantan, memiliki garis pantai 2.607 kilometer (1.620 mil). Hal ini dibagi antar daerah pesisir, bukit dan lembah, dan interior pegunungan. Rentang Crocker meluas utara dari Sarawak,  membagi negara bagian Sabah. Ini adalah lokasi dari 4,095.2 meter (13.436 kaki) tinggi Gunung Kinabalu, gunung tertinggi di Malaysia. Gunung Kinabalu dilindungi sebagai Taman Nasional Kinabalu, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. pegunungan tertinggi membentuk perbatasan antara Malaysia dan Indonesia. Sarawak berisi Gua Mulu, sistem gua terbesar di dunia.

Sekitar dua bagian Malaysia yang banyak pulau, yang terbesar adalah Banggi. Iklim lokal adalah khatulistiwa dan dicirikan oleh barat daya tahunan (April-Oktober) dan timur laut (Oktober sampai Februari) musim hujan. Suhu dimoderatori oleh kehadiran lautan sekitarnya. Kelembaban biasanya tinggi, dan curah hujan tahunan rata-rata adalah 250 cm (98 in). iklim dari Semenanjung dan Timur berbeda, karena iklim di semenanjung secara langsung dipengaruhi oleh angin dari daratan, yang bertentangan dengan cuaca yang lebih maritim Timur. Iklim lokal dapat dibagi menjadi tiga wilayah, dataran tinggi, dataran rendah, dan pesisir. Perubahan iklim kemungkinan akan mempengaruhi permukaan air laut dan curah hujan, meningkatkan risiko banjir dan menyebabkan kekeringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar