Kamis, 10 Januari 2013

Negara Malaysia

Malaysia adalah sebuah monarki konstitusional federal di Asia Tenggara. Ini terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah federal dan memiliki total daratan 329.847 kilometer persegi (127.350 sq mi) dipisahkan oleh Laut Cina Selatan menjadi dua daerah berukuran sama, Semenanjung Malaysia dan Kalimantan Malaysia. Perbatasan darat dibagi dengan Thailand, Indonesia, dan Brunei, dan perbatasan maritim yang ada dengan Singapura, Vietnam, dan Filipina. Ibukota adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya adalah kursi dari pemerintah federal. Pada tahun 2010 penduduk adalah 28.330.000, dengan 22,6 juta tinggal di Semenanjung.

Malaysia memiliki asal-usul dalam Kerajaan Melayu hadir di daerah yang, dari abad ke-18, menjadi tunduk pada Kerajaan Inggris. Wilayah Inggris pertama yang dikenal sebagai Straits Settlements, yang pendiriannya diikuti oleh kerajaan Melayu menjadi protektorat Inggris. Para wilayah di Semenanjung Malaysia pertama kali bersatu sebagai Uni Malaya pada tahun 1946. Malaya direstrukturisasi sebagai Federasi Malaya pada tahun 1948, dan mencapai kemerdekaan pada tanggal 31 Agustus 1957. Malaya bersatu dengan Sabah, Sarawak, dan Singapura pada tanggal 16 September 1963, dengan si yang ditambahkan untuk memberikan negara baru nama Malaysia. Kurang dari dua tahun kemudian pada tahun 1965, Singapura diusir dari federasi. Sejak kemerdekaan, Malaysia telah memiliki salah satu catatan ekonomi terbaik di Asia, dengan PDB tumbuh rata-rata 6,5% yang selama hampir 50 tahun. Perekonomian secara tradisional telah dipicu oleh sumber daya alamnya, tetapi berkembang di sektor ilmu pengetahuan, pariwisata, perdagangan dan pariwisata medis.

Negara ini adalah multi-etnis dan multi-budaya, yang memainkan peran besar dalam politik. Sistem pemerintahan erat meniru sistem parlementer Westminster dan sistem hukum didasarkan pada Common Law Inggris. Konstitusi menyatakan Islam sebagai agama negara sekaligus melindungi kebebasan beragama. Kepala negara adalah Raja, yang dikenal sebagai Yang Dipertuan Agong di-. Dia adalah seorang raja terpilih dipilih dari penguasa turun-temurun dari sembilan negara Melayu setiap lima tahun. Kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri.

Malaysia mengandung titik paling selatan benua Eurasia, Tanjung Piai. Terletak di daerah tropis, itu adalah sebuah negara Megadiverse, dengan sejumlah besar hewan endemik, jamur dan tanaman. Ini adalah anggota pendiri Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dan Organisasi Kerjasama Islam, dan anggota Asia-Pacific Economic Cooperation, Commonwealth of Nations, dan Gerakan Non-Blok.

Kata Melayu diperkirakan berasal dari bahasa Sansekerta istilah Malaiur atau Malayadvipa, yang dapat diterjemahkan sebagai "tanah pegunungan", istilah yang digunakan oleh para pedagang India kuno ketika mengacu ke Semenanjung Melayu. Teori lain mengusulkan itu berasal dari Tamil kata Malai, yang berarti "gunung". Istilah ini kemudian digunakan sebagai nama Kerajaan Melayu, yang ada di antara abad ke-7 dan ke-13 di Sumatera.

Setelah 1.826 ekspedisinya di Oceania, Perancis Jules Dumont d'navigator Urville menemukan istilah Malaysia, Mikronesia dan Melanesia, membedakan budaya ini Pasifik dan kelompok pulau dari Polinesia istilah yang ada. Pada 1831, ia mengusulkan istilah-istilah ke Société de geographie. Dumont d'Urville menggambarkan Malaysia sebagai "daerah umumnya dikenal sebagai Hindia Timur" Pada tahun 1850, para etnolog Inggris George Samuel Windsor Earl, menulis dalam Journal of Kepulauan India dan Asia Timur, mengusulkan penamaan pulau-pulau Tenggara. Asia sebagai Melayunesia atau Indunesia, mendukung mantan.

Pada tahun 1957, Federasi Malaya dinyatakan sebagai federasi independen dari negara-negara Melayu di Semenanjung Melayu. Nama "Malaysia" diadopsi pada 1963 ketika negara-negara yang ada dari Federasi Malaya, ditambah Singapura, Borneo Utara dan Sarawak membentuk federasi baru, dengan "si" yang ditambahkan ke Malaya untuk menghormati tiga negara bergabung. Sebelum itu, nama itu sendiri telah digunakan untuk merujuk pada seluruh Kepulauan Melayu. Politisi di Filipina penggantian nama dipikirkan negara mereka "Malaysia" sebelum negara modern mengambil nama. Pada saat federasi, nama lain yang dipertimbangkan:. antara mereka adalah Langkasuka, setelah kerajaan bersejarah yang terletak di bagian atas dari Semenanjung Melayu di 1st milenium CE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar