Selasa, 22 Januari 2013

Sembilan Makanan Rendah Kalori

Khawatir bertambah berat badan dan harus selalu menjaga makanan yang Anda konsumsi? Jangan khawatir. Dengan 10 makanan bebas kalori ini, Anda tak akan bertambah gemuk. Makanan bebas kalori akan mengambil lebih banyak energi dan lebih lama dicerna tubuh. Berikut adalah 10 makanan yang bisa Anda konsumsi tanpa merasa bersalah, seperti dilansir oleh She Knows (03/01).

1. Seledri
Satu cangkir seledri mengandung kurang dari 20 kalori. Selain kaya serat dan air, seledri juga bisa membantu mencegah kanker rahim. Caranya cukup siapkan seledri, cuci, lalu makan.

2. Selada
Selada hanya mengandung delapan kalori per cangkir. Meski sebenarnya selada mengandung air yang bisa meningkatkan berat badan, namun selada juga mengandung zat besi dan magnesium. Jadi, selada akan membantu Anda cepat kenyang tanpa membuat Anda gemuk. Pastikan saja Anda tidak memakannya dalam salad dengan dressing penuh lemak.

3. Acar dan mentimun
Mentimun hanya memiliki 15 kalori per cangkir, sedangkan acar hanya mengandung 17 kalori. Pastikan Anda juga mengonsumsi kulit mentimun yang mengandung banyak serat. Kebanyakan mentimun mengandung air dan kurang vitamin serta nutrisi. Namun mentimun juga merupakan makanan yang rendah kalori. Anda bisa mengonsumsinya tanpa khawatir gemuk.

4. Apel
Apel bisa membuat Anda merasa kenyang, sekaligus memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Apel biasanya mengandung 100 kalori hingga 120 kalori. Selain itu, apel juga mengandung vitamin C, antioksidan, dan bisa membantu menurunkan kolesterol.

5. Brokoli
Brokoli adalah sayuran kaya gizi yang hanya mengandung 25 kalori dalam setengah cangkir. sayuran hijau ini mengandung vitamin A, C, serat larut, tak mudah larut, asam folat, serta kalsium. Brokoli mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan membantu mencegah kanker usus. Meski Anda tak mencari makanan untuk menurunkan berat badan, brokoli bisa dikonsumsi untuk semua gizi yang dikandungnya.

6. Lemon
Lemon membersihkan tubuh dan memberikan rasa pada makanan yang tidak Anda sukai. Campurkan sedikit lemon pada air hangat dan minum di pagi hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lemon juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu mencegah infeksi.

7. Bawang putih
Seperti lemon, bawang putih juga makanan rendah kalori yang bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak bawang putih juga diketahui mampu menghilangkan sel lemak dalam tubuh.

8. Semangka dan mangga
Kedua buah ini kebanyakan mengandung air. Meski begitu, semangka hanya memiliki 80 kalori per cangkir, sementara mangga hanya mengandung 150 kalori. Namun Anda harus waspada karena dua buah ini kaya akan gula, sehingga jangan terlalu sering dikonsumsi.

9. Asparagus
Asparagus adalah makanan diuretic yang memudahkan pengeluaran cairan dalam tubuh. Meski begitu, sayuran ini mengandung zat yang mampu menghilangkan sel lemak dan mengurangi berat badan. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, asparagus juga digunakan untuk membuat awet muda, melindungi dari kanker, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.
Ingin ngemil tanpa khawatir berat badan bertambah? Makan saja sembilan makanan rendah kalori di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar